Beberapa Data Ilmiah Mengenai Manfaat Shalat Tahajud

Dr. Abdul Hamid Diyab dan Dr. Ah Qurquz mengatakan, Shalat malam dapat meningkatkan daya tahan (imunitas) tubuh terhadap berbagai penyakit yang menyerang jantung, otak dan organ-organ tubuh yang lain. Karena orang yang bangun tidur malam hari berarti menghentikan kebiasaan tidur dan ketenangan terlalu lama yang merupakan salah satu faktor pencetus terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Aktifitas Shalat malam untuk menghadap Allah Sang Pencipta, akan menenangkan hati dari segala kegundahan dan kegelisahan hidup yang dialami.

Bangun malam dapat menjadikan tubuh bugar dan bersemangat, serta terhindar dari penyakit punggung pada usia tua. Dalam salah satu penelitian medis terbukti bahwa orang-orang yang terbiasa Shalat malam relatif lebih aman dari serangan penyakit pada tulang punggung dari pada orang-orang yang tidak Shalat malam.

Shalat Tahajud memiliki kandungan aspek meditasi dan relaksasi yang cukup besar, dan memiliki pengaruh terhadap kejiwaan yang dapat digunakan sebagai strategi penanggulangan adaptif pereda stres. Sebagaimana juga dijelaskan Dr. M. Soleh bahwa stres punya pengaruh yang besar terhadap ketahanan tubuh seseorang. Dan stres, baik fisik maupun psikis menyebabkan terjadinya pengeluaran cairan tubuh (hormon) cukup banyak dan penguapan dari tubuh yang lebih cepat.

Dalam bidang bio-teknologi, Shalat Tahajud dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan respon ketahanan tubuh dan menghilangkan rasa nyeri pasien yang terkena penyakit kanker. Dalam bidang ini pula Shalat Tahajud dapat meningkatkan respons emosional positif yang efektif dalam menegakkan anastesis pra bedah.

Shalat Tahajud yang dikerjakan dengan penuh kesungguhan, khusuk, tepat, ikhlas dan kontinyu diyakini dapat menumbuhkan persepsi dan motivasi positif. Dan respons emosi positif (Positive Thinking) dapat menghindarkan reaksi stres.


Adapun mengenai Shalat Tahajud tersebut ada disebutkan dalam Al Qur'an sebagai berikut :

“Dan pada sebagian malam hari bersembahyang Tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkatmu ke tempat yang terpuji”. (Q.S. Al-Isra’: 79)

"Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa ada di dalam surga dan dekat dengan air yang mengalir. Sambil mengambil apa yang diberi oleh Tuhan mereka. Sesungguhnya mereka sebelum ini di dunia adalah orang-orang yang berbuat baik. Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam. Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun kepada Allah”. (Q.S. Az-Zariat : 15-18)

“Dan pada sebagian malam berTahajudlah sebagai tambahan ibadah bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ketempat yang terpuji “. (Q.S. Al Isra’: 79)

“Orang yang sabar, orang yang benar, orang yang taat, orang yang menginfakkan hartanya dan orang yang memohon ampunan pada waktu sebelum fajar”. (Q.S. Ali ‘Imran : 17)


Dan Rasulullah SAW bersabda :

“Hendaklah kalian bangun malam. Sebab hal itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian. Wahana pendekatan diri kepada Allah SWT, penghapus dosa dan pengusir penyakit dari dalam tubuh”. (H.R. at-Tirmidzi).


Sumber : Dari berbagai sumber

6 komentar:

  1. @admin,

    Ada award untuk kamu teman,, silahkan ambil ya

    di SINI

    dan cek hadiahnya di SINI.

    BalasHapus
  2. pengen m\banget membiasakan bangun malam,,.
    nice post .. sangat bermanfaat..
    senang bisa berkunjung...
    Kunjungi juga Ke Blog Gua ya

    BalasHapus
  3. emang bener solat tahajud itu banyak manfaatnya,
    tapi ya godaan setan terkutuk ini selalu saja mengganggu.
    hehe

    www.cerita-ku.com

    BalasHapus
  4. bagus ne gan , postinganya :D
    thx for share :D

    BalasHapus
  5. terima kasih infonya sob.
    sungguh kreatif sekali dan template blog anda simple.
    dan sepertinya anda mempunyai kelebihan tersendiri.
    bila ada waktu saya akan berkunjung lagi sob :)


    #Semoga Sehat Selalu :)

    BalasHapus
  6. bener ga sih kalau sholat tahajjud itu digodain setan atau jin dengan suara suara aneh atau penampakan dengan gangguan lain ?

    BalasHapus